Jumat, 16 Juni 2017

Resep Mengolah Biji Jagung Menjadi Marning Renyah

Di indonesia khususnya, jagung bukan hanya dijadikan sebagai tanaman pangan pengganti nasi sebagai makanan pokok, jagung saat ini bisa diolah menjadi beragam jenis snack dan camilan. Potensinya yang cukup melimpah di berbagai pelosok daerah di indonesia, turut memotivasi para pelaku bisnis camilan untuk mulai memanfaatkan biji jagung ini sebagai bahan baku produksinya. Contohnya saja seperti para produsen camilan jagung marning di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indoneisa yang sudah sejak lama berhasil mencetak lembaran-lembaran rupiah dengan menekuni peluang bisnis camilan jagung.

Ternyata jagung marning bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya kalau kita mengolahnya secara benar. Marning jagung atau biasa dikenal orang Jawa dengan sebutan marning tersebut merupakan salah satu produk camilan tradisional yang sering kita temui saat lebaran, namun tekstur jagungnya yang sangat renyah serta cita rasanya yang semakin beragam menjadikan camilan Jagung Marning sebagai salah satu produk oleh-oleh khas yang harus dibawa pulang para pengujung bila berwisata.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen pecinta jagung, sekarang ini Jagung Marning mulai dikreasikan para pelaku usaha camilan dalam berbagai seri rasa. Sebut saja seperti Jagung Marning rasa pedas, rasa manis, serta Jagung Marning asin (original) yang setiap harinya banyak diburu konsumen sebagai camilan asyik untuk menikmati waktu santai ataupun dijadikan sebagai alternatif oleh oleh bagi sanak keluarga tercinta kita.

Biasanya camilan Jagung Marning dijual dengan kisaran harga yang sangat terjangkau. Tergantung besar kecilnya kemasan Jagung Marning. Dari bisnis Jagung Marning ini para pengusaha mengaku bisa mengantongi omzet jutaan rupiah setiap bulannya. Coba Anda bayangkan besar keuntungan yang mereka dapatkan dalam sekali menjalankan bisnis ini. Nah, apabila Anda ingin mencoba gurihnya untung dari bisnis camilan Jagung Marning, berikut ini kami informasikan salah satu resep membuat Jagung Marning yang bisa Anda praktekan langsung dari dapur rumah Anda.

Bahan :

- Jagung 1 kg
- Garam 2 sdm
- Kapur sirih 45 gram
- Bumbu (campuran bawang merah 15 gram, bawang putih 15 gram, jahe 5 gram, merica 5 gram, ebi 15 gram, dan garam 15 gram)
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Marning Jagung :

1. Pemilihan Jagung berkualitas
2. Tahapan berikutnya adalah proses perebusan. Jagung tadi direbus di dalam 3 liter air. Setiap liter air diberi 15 gram kapur sirih. Perebusan berlangsung selama 4 jam sampai jagung menjadi lunak, mekar dan kulit arinya terlepas. Untuk menghemat bahan bakar, api dikecilkan setelah larutan mendidih, dan besar api diatur sekedar untuk mempertahankan larutan tetap mendidih.
4. Tahapan Pengeringan. Jagung ditiriskan, kemudian dijemur sampai kering atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air dibawah 17%.
Tahapan Pemberian bumbu. Bumbu diberikan setelah bahan cukup kering. Bumbu-bumbunya antara lain yaitu campuran bawang merah (15 gram), bawang putih (15 gram), jahe (5 gram), merica (5 gram), ebi 15 gram dan garam (15 gram) yang telah dihaluskan. Setelah itu, bahan dijemur atau dikeringkan lagi sampai kering seperti sebelum diberi bumbu.
5. Proses Penggorengan. Pada Proses ini jagung digoreng ke dalam minyak panas dengan suhu sekitar 170 °C selama 8~10 detik sampai mekar dan berwarna kuning, kemudian diangkat, ditiriskan dan didinginkan.
6. Pengemasan. Jagung goreng atau Jagung Marning dikemas di dalam kantong plastik polislen tebal, kemudian direkatkan menggunakan mesin sealer.
7. Pasanglah label produk camilan yang menunjukkan produk apa yang dijual pada bagian atas kemasan, dan Jagung Marning siap untuk dipasarkan.

Cukup mudah bukan untuk membuat Jagung Marning tersebut, setelah kita membahas tentang resep dan cara pembuatanya, tentu anda bisa mempraktekkan ini dirumah dan juga bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang cukup menggiurkan sebagai usaha sampingan anda.

Demikian ulasan tentang resep Jagung Marning untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik memulai bisnis rumahan ini maka akan kami sediakan Info mengenai peluang bisnis Jagung Marning dan camilan lain bisa anda klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar